Viral Video Ojol Bakar Foto Habib Rizieq dan Abdul Somad

Sabtu, 08 Agustus 2020 – 14:33 WIB

Poster Habib Rizieg (Foto:Istimewa)

Poster Habib Rizieg (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews – Viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemudi ojek online (Ojol) membakar foto bergambar Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dan Ustaz Abdul Somad.

Selain itu, ojol bernama Agus Dermawan tersebut juga mengucapkan sejumlah narasi kebencian. Video itu viral di media sosial Facebook.

Dalam video berdurasi 6 menit itu, Agus menyatakan Habib Rizieq dan Abdul Somad penista agama dan sudah dilaporkan ke polisi beberapa kali tapi tidak ditangkap. Ia pun menyalahkan polisi yang tidak bisa menangkap kedua tokoh agama itu.

Berdasarkan informasi, Agus merupakan warga Palmerah, Jakarta Barat. Kepala Kepolisian Sektor Palmerah, Komisaris Polisi Supriyanto, mengaku sudah mengecek alamat yang tertera di media sosial itu. “Ternyata alamatnya fiktif," ujarnya dikonfirmasi, Sabtu, 8 Agustus 2020.

Meski begitu, Supriyanto mengatakan tetap menugaskan anggotanya di sekitar lokasi agar warga yang geram tidak melakukan sweeping di sana. Sebab, peristiwa seperti ini bisa membuat situasi memanas.

Ia mengimbau seluruh warga Palmerah tidak terprovokasi dengan informasi itu. Bila ada yang merasa disakiti untuk melaporkan ke aparat kepolisian agar bisa ditindak. "Di sana warga banyak dan dekat dengan markas FPI, maka kami menyiagakan anggota," ujarnya.