Lho, Kok Jerinx SID Dijerat Pasal SARA? Hukum Macam Apa Ini?

Kamis, 13 Agustus 2020 – 06:01 WIB

Jerinx SID

Jerinx SID

JAKARTA, REQnews - Setelah menyebut Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai 'kacung WHO', Jerinx alias I Gede Ari Astina telah ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ujaran kebencian dan pencemaran nama baik. Namun, belakangan, drummber band Superman Is Dead (SID) itu malah dijerat pasal SARA.

Hal ini diungkapkan pengacara Jerinx, I Wayan Gendo Suardana. Ia menyebut, Jerinx dijerat sejumlah pasal UU ITE terkait ujaran kebencian, salah satunya Pasal 45A ayat 2 yang berbunyi:

"Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)."

Jelas saja, hal ini aneh menurut Gendo. Ia pun mempertanyakan bagian mana dari unggahan Jerinx di Instagram, yang telah menyinggung soal SARA. Baginya, IDI adalah organisasi yang termasuk dalam terminologi SARA.

"Setahu saya Ikatan Dokter Indonesia adalah lembaga publik atau organisasi profesi bukan golongan dalam terminologi Suku, Agama, Ras dan Antar golongan," kata Gendo, seperti dikutip pada Rabu 12 Agustus 2020.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Bali Kombes Syamsi menyatakan bahwa Jerinx disangkakan dalam beberapa pasal.

Yakni pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45A ayat (2) dan/atau Pasal 27 ayat (3) Jo Pasal 45 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.

Jerinx terancam hukuman kurungan penjara enam tahun dan denda Rp 1 miliar.