IFBC Banner

Bos Muncikari Artis Vernita Syabilla Ditangkap, Polisi Lacak Artis Lain

Minggu, 16 Agustus 2020 – 17:30 WIB

ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Bos muncikari kasus prostitusi online artis Vernita Syabilla, berhasil ditangkap polisi di wilayah Bekasi, Jawa Barat. Meski memiliki sejumlah usaha, bos muncikari berinisial BS itu ternyata menjalankan bisnis haramnya itu selama lima tahun.

IFBC Banner


"Pekerjaan sehari-hari sebagai agensi model, EO/WO, dan figuran-figuran iklan atau sinetron dan film. Sudah lima tahun," ujar Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung Kompol Resky Maulana, Minggu, 16 Agustus 2020. Menurutnya, tak menutup kemungkinan BS juga sekaligus menjadi muncikari artis selama melakukan pekerjaannya itu.

BS ditangkap empat hari lalu yang berarti pada tanggal 11 Agustus. Kini bos muncikari itu ditahan oleh polisi. Petugas telah memeriksa secara intensif BS. Dalam pemeriksaan, BS mengaku menjajakan model hingga figuran.

Kendati demikian, BS masih menutupi kemungkinan keterlibatan artis lain. Resky mengatakan BS masih enggan mengaku adanya artis lain yang dijajakan. "Kalau yang artis-artis dia masih nutup. Kalau model, dia model-model majalah dewasa, kalau yang model-model seksi majalah dewasa, dia rata-rata ada. cuma kalau yang menjurus ke artis, menutup dia," ujarnya.

Resky mengatakan polisi juga masih kesulitan mengungkap adanya artis lain yang dijajakan BS. Sebab, ponsel yang dijadikan alat bukti telah diinstal ulang (flash). "Masalahnya kesulitan kita HP-nya di-flash sama dia, alat bukti HP di-flash sama dia," kata Resky.

"Beberapa model majalah dewasa aja. Model yang bisa direkrut untuk itu. Kalau ada yang minta dari pihak kedua-ketiga lebih mahal lagi, karena kan ada keuntungan-keuntungan berantai. Tapi kalau langsung ke si B ini dengan tarif Rp 20 juta atau Rp 15 juta," jelasnya.

Resky pun mengungkap bagaimana BS menawarkan prostitusi. Dijelaskannya, BS menggunakan akun media sosial pribadinya dengan memajang foto artis atau model majalah dewasa di bawah naungannya. Setelah itu, BS diduga menerima direct message (DM) dari akun media sosialnya itu untuk penawaran prostitusi.

"Medsos (media sosial) dia pribadi, foto-foto standar, foto-foto model gitu. Nanti yang (muncikari) lain kan, 'Ini bisa nggak', tanya 'yang ini bisa nggak' 'yang ini bisanya apa', DM. Ini bisanya makan doang, ini bisanya sampai apa atau jadi pemandu lagu sampai apa gitu. Entertain-lah bahasa mereka," ujar Resky. Ditegaskannya, setelah dilakukan pemeriksaan intensif BS langsung ditahan.

Sebelumnya, polisi telah menetapkan dua muncikari sebagai tersangka dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dalam kasus prostitusi yang menyeret artis Vernita Syabilla di Lampung. Kedua muncikari terancam pidana paling lama 15 tahun penjara.

Dua muncikari itu ialah MK (31) asal Pemalang, Jawa Tengah; dan M Alias MEI (21) asal Tambora, Jakarta Barat. Keduanya bersama Vernita diamankan di salah satu hotel di Bandar Lampung pada Selasa petang, 28 Juli 2020.

"Diancam pidana penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 15 tahun," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad dalam keterangannya, Kamis, 30 Juli 2020.