Tokyo Terapkan Toilet Transparan di Taman-Taman Kota, Ini Kelebihannya

Rabu, 19 Agustus 2020 – 22:05 WIB

Toilet Transparan di Taman -Taman Tokyo (Foto:istimewa)

Toilet Transparan di Taman -Taman Tokyo (Foto:istimewa)

TOKYO, REQNews - Tokyo membangun toilet-toilet transparan di taman-taman kota. Selama ini banyak masyarakat yang khawatir saat memasuki toilet umum, takut di dalamnya sudah ada orang lain, dengan toilet transparan ini pengguna dapat mengetahui kondisi toilet dari luar.

Dilansir dari CNN, Selasa, 18 Agustus 2020, toilet ini didesain oleh Shigeru Ban Architects. Dua set toilet tembus pandang baru telah dipasang di Shibuya, pusat kota yang ramai yang terkenal dengan penyeberangan pejalan kaki yang sibuk.

Meskipun toilet terdengar agak cabul, sebenarnya itu adalah bagian dari proyek inovatif yang bertujuan mengubah persepsi orang tentang toilet umum.

Shigeru Ban Architects, sebuah firma arsitektur pemenang Penghargaan Pritzker, dua set toilet transparan baru telah dipasang di dua taman Shibuya - Taman Mini Yoyogi Fukamachi dan Taman Komunitas Haru-no-Ogawa.

"Ada dua hal yang kami khawatirkan saat memasuki toilet umum, terutama yang terletak di taman," kata pernyataan di situs resmi proyek, Tokyotoilet.jp.

"Yang pertama adalah kebersihan, dan yang kedua adalah apakah ada orang di dalam."

Desain Arsitek Shigeru Ban mengatasi kedua masalah ini dengan menawarkan toilet dengan dinding kaca yang pada awalnya memungkinkan publik untuk melihat dari luar. Tapi begitu pengguna memasuki toilet dan mengunci pintu, dinding menjadi buram untuk memberikan privasi.

"Ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa kebersihan dan apakah ada yang menggunakan toilet dari luar," kata pernyataan itu. "Di malam hari, fasilitas menerangi taman seperti lentera yang indah."

Bagian yang mengasyikkan adalah begitu masuk, Anda tidak tahu apakah kacanya sudah beku atau tidak. Dinding di antara kompartemen memiliki cermin terpasang, menambah perasaan aneh saat dipajang.