Gimana Mau Dibuka, 74 Persen Sekolah Tak Punya Gugus Tugas Covid-19

Kamis, 20 Agustus 2020 – 12:03 WIB

Ilustrasi siswa di sekolah

Ilustrasi siswa di sekolah

JAKARTA, REQnews - Sebanyak 74 persen sekolah di beberapa wilayah di Indonesia didapati masih belum memiliki tim Gugus Tugas Covid-19. Padahal, dalam waktu dekat Kemendikbud berencana membuka kembali pembelajaran tatap muka di beberapa titik yang dianggap aman dari corona.

Temuan ini disampaikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), yang menyebut baru 26 persen sekolah telah membentuk tim gugus tugas, dengan kelengkapan protokol kesehatan yang ketat.

"Dari hasil pengawasan 27 sekolah, sebanyak 74 persen satuan pendidikan belum membentuk tim Gugus Tugas Covid-19," kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti di Jakarta, Rabu 19 Agustus 2020.

Sejumlah sekolah yang didatangi tersebut, rata-rata telah menyediakan wastafel atau tempat cuci tangan bagi anak didik. Hanya saja jumlah atau ketersediaannya belum sebanding dengan rasio siswa.

Kemudian ada juga sekolah yang tidak membuat atau membangun wastafel baru dan menganggap tempat wudhu sebagai tempat cuci tangan.

Salah satu yang disorot KPAI menurut Retno adalah jarak antara kelas atau ruang belajar dengan tempat wudhu atau pencuci tangan cukup jauh. Hal ini berpotensi mengakibatkan para siswa jadi malas untuk menjalankan protokol kesehatan.

Meskipun demikian, KPAI mengapresiasi sekitar 22,22 persen sekolah yang sudah menyiapkan wastafel di setiap depan ruang kelas, sebagai bentuk upaya memutus mata rantai Covid-19.