DPR Bentuk Tim Perumus Omnibus Law, Buruh: Itu Hanya Pemanis!

Kamis, 20 Agustus 2020 – 04:00 WIB

Omnibus Law

Omnibus Law

JAKARTA, REQnews - Pembentukan tim perumus Omnibus Law RUU Cipta Kerja (Ciptaker) oleh DPR RI ditanggapi pedas oleh Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI).

Menurut Ketua Umum KASBI Nining Elitos, pembentukan tim tersebut hanya sebatas formalitas dan pemanis saja, di tengah kisruh penolakan RUU Ciptaker yang begitu deras.

"Mengapa sejak awal terjadi banyak penolakan dan apa yang terjadi tak ada perubahan signifikan pada hari ini. Karena, kalau bicara soal melahirkan sebuah regulasi sama sekali tidak ada niatan membuka ruang demorkasi. Yang ada hanya formalistas sebagai pemanis untuk angin segar seolah-seolah suara kita didengar," kata Nining, Rabu 19 Agustus 2020.

Nining menyebut, pihaknya sangat ragu bahwa kehadiran tim perumus ini akan menyinggung masalah besar dalam RUU Ciptaker, utamanya soal keadilan dan hak-hak pekerja.

"Karena konsepnya subtansinya sudah disiapkan begitu loh. Rakyat itu hanya sebagai pemanis, seperti dibuatnya tim perumus tetapi keputusannya itu sudah diambil oleh orang-orang yang memang tak memiliki itikad soal keadilan kemanusian, hak dasar rakyat," ujarnya.

"Maka saya bilang tanpa ini saja (RUU Ciptaker) kita sudah jauh dari persoalan kesejahteraan, kita jauh soal perlindungan. Apalagi undang-undang ini semakin menghancurkan alam dan mengeksploitasi terhadap manusia. Maka lebih baik di drop," kata Nining menambahkan.

Kemudian, Nining juga tidak melihat adanya political will dalam pembuatan RUU Ciptaker untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk dalam membuka ruang demorkasi.