Penyidik KPK Positif Corona, Sikap Firli Soal Nasib Kasus Mengejutkan

Jumat, 28 Agustus 2020 – 17:05 WIB

Ketua KPK, Firli Bahuri

Ketua KPK, Firli Bahuri

JAKARTA, REQnews - Meskipun ada beberapa penyidik KPK yang terkonfirmasi positif Covid-19, namun Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memastikan penyidikan perkara tetap berjalan dengan normal.

Salah satu penyidik yang terpapar virus corona adalah penyidik senior, Novel Baswedan. "Penyidikan perkara tetap bekerja oleh Direktorat penyidikan, kan ada penyidik yang lainnya," kata Firli Bahuri, Jumat, 28 Agustus 2020.

Firli memastikan, pekerjaan dalam penanganan perkara tetap dituntaskan. "Pekerjaan tetap dituntaskan dan kita harus tetap sehat. Deputi penindakan dan Direktur Penyidikan yang mengatur," ujar Firli.

Sementara Novel, meskipun terpapar virus Covid-19, Novel tidak merasakan gejala awal. Novel mengaku masih merasa sehat. "Iya (positif Covid-19 dari hasil swab). Alhamdulillah saya merasa sehat dan tanpa gejala. Insya Allah saya akan melakukan isolasi mandiri," ujar Novel saat dikonfirmasi, Jumat (28/8).

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, Novel Baswedan diketahui positif Covid-19 berdasarkan tes usap pada Kamis, 27 Agustus 2020. Ali memastikan, para pegawai KPK yang terpapar virus corona sudah langsung melakukan langkah-langkah mitigasi dengan isolasi mandiri.

KPK juga telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan layanan medis terdekat dari tempat tinggal pegawai untuk dilakukan pemantauan lebih lanjut dalam proses pemulihannya.

Diketahui KPK kembali menggelar uji tes swab PCR kepada pegawai KPK termasuk, pegawai di Direktorat Penyidikan Kedeputian Penindakan KPK pada Kamis kemarin. Pelaksanaan tes usap ini dilakukan melalui poli klinik KPK dan RSPAD Gatot Subroto bertempat di Gedung Juang KPK.

Pelaksanaan tes dilakukan guna meminimalisir penyebaran wabah Covid-19 dilingkungan KPK. Serta memastikan aktifitas kerja penanganan perkara tindak pidana korupsi tetap berjalan mengingat ada batasan waktu sebagaimana tersebut di dalam ketentuan UU.

Berdasarkan tes yang dilakukan BBTLKPP Kemenkes terhadap berapa pegawai dan tahanan telah ditemukan ada 9 pegawai dari beberapa unit direktorat di KPK, 4 orang non pegawai, dan 1 orang tahanan dinyatakan positif terpapar Covid-19