Firli Bahuri: Hukuman Mati untuk Koruptor Bansos!

Minggu, 30 Agustus 2020 – 15:01 WIB

Ketua KPK Firli Bahuri

Ketua KPK Firli Bahuri

JAKARTA, REQnews - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri tak mau main-main dalam mengurusi para koruptor yang berani-berani menyelewengkan dana bansos Covid-19. Bahkan, ia mengancam dengan hukuman mati.

"Jangan pernah berpikir, coba-coba atau berani korupsi dana bansos. KPK pasti akan mengambil opsi tuntutan hukuman mati seperti tertuang pada ayat 2 Pasal 2 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yang berbunyi dalam hal tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilakukan dalam keadaan tertentu, pidana mati dapat dijatuhkan," kata Firli di Jakarta, Sabtu 29 Agustus 2020.

Ia menjelaskan, kondisi pandemi corona saat ini masuk memenuhi unsur 'dalam keadaan tertentu', sesuai pasal yang ia sebutkan. Baginya, hukuman mati layak dijatuhkan untuk koruptor bansos.

"Miris, sangat kejam dan sungguh tega apabila bansos di tengah pandemi seperti ini, masih saja di korupsi untuk kepentingan sendiri," ujarnya.

"Orang yang berani korupsi jelas tidak beriman. Ketamakan dan nafsu membutakan mata, menutup rapat daun telinga dari pilu nyaring jeritan pedih saudaranya," kata Firli menambahkan.

Selain itu, Firli mengingatkan bahwa virus Covid-19 memang tidak kasat mata. Namun keberadaannya nyata dan sudah banyak menelan korban jiwa, sehingga tak ada jalan lain selain patuh pada protokol kesehatan.