Hukuman Mati Pelaku Pembunuhan Khashoggi Diubah Menjadi 20 Tahun

Selasa, 08 September 2020 – 20:02 WIB

Jamal Khashoggi (Foto:Istimewa)

Jamal Khashoggi (Foto:Istimewa)

RIYADH, REQNews - Mengejutkan, kasus pembunuhan Jamal Khashoggi, kembali diungkap, Senin, 7 September 2020, pengadilan mengubah hukuman mati yang semula dijatuhkan terhadap lima terdakwa menjadi penjara 20 tahun.

Dilaporkan kantor berita Saudi Press Agency (SPA), pengadilan Saudi menjatuhkan hukuman penjara terhadap delapan terdakwa, yakni antara 7 dan 20 tahun, terkait pembunuhan sadis yang terjadi pada 2018 itu.

"Lima dari terpidana dijatuhi hukuman 20 tahun penjara dan tiga lainnya dipenjara selama 7-10 tahun," demikian laporan SPA, mengutip pejabat kantor penuntutan publik.

Hukuman diubah dan menjadi putusan final atas pertimbangan bahwa putra Almarhum sudah memaafkan para pelaku pada Mei lalu.

Khashoggi dibunuh di kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul Turki pada Oktober 2018. Setelah itu mayatnya dimutilasi hingga tak ditemukan sampai saat ini. Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) sempat disebut-sebut terlibat dalam pembunuhan itu, namun dibantah Kerajaan.

Kontributor The Washington Post itu meninggalkan Saudi sejak 2017 dan tinggal di Amerika Serikat karena mengkhawatirkan keamanannya. Dia merupakan sosok vokal yang mengkritik kebijakan MBS.