Innalillah, Karyawan BUMN PT INTI Belum Digaji 7 Bulan

Rabu, 09 September 2020 – 12:31 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Sejumlah karyawan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) kabarnya belum mendapat hak gaji sudah 7 bulan lamanya. Perusahaan pelat merah itu berlasan klasik soal masalah kas keuangan.

Sementara Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pihaknya sudah mendengar kabar itu sejak lama. Ia menyebut, tak semua karyawan belum mendapat gaji, melainkan hanya sebagian saja.

"Ada yang dibayar sedikit dan sebagainya," kata Arya di Jakarta, Selasa 8 September 2020.

Namun, Arya tidak merinci berapa banyak jumlah karyawan yang gajinya belum dibayar atau sudah dibayar sebagian. Begitu juga dengan durasi tunggakan gaji dari perusahaan. 

Ia memastikan, masalah ini muncul akibat kas keuangan PT INTI yang bermasalah, terutama karena perusahaan negara itu memiliki simpanan di bank yang tak bisa diambil untuk membantu likuiditas.

"PT INTI punya simpanan cash di dua bank BUMN, nah uang cash ini tidak bisa diambil karena mereka ada tagihan tertentu yang memaksa bank menahan uang cash tersebut," ujarnya.

Tapi, parahnya, Arya menyebut tak ada rincian terkait dana perusahaan yang tersimpan di bank. Ia hanya menekankan bahwa kementerian dan perusahaan sudah berkomunikasi untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut.