Veronica Koman Tantang Polairud Sulsel Hadapi Kapal Cina di Natuna

Minggu, 13 September 2020 – 13:31 WIB

Veronica Koman (Foto:Twitter)

Veronica Koman (Foto:Twitter)

JAKARTA, REQNews - Dua hari ini media sosial diramaikan dengan aksi anggota Polairud Polda Sulawesi Selatan yang melakukan kekerasan pada nelayan. Banyak kalangan menyayangkan aksi tersebut, salah satu yang bersuara adalah pengacara hak asasi manusia, Veronica Koman.

Dalam sebuah tayangan video yang viral, terlihat Polairud Polda Sulawesi Selatan memepet kapal nelayan, bahkan beberapa anggota menggunakan senapan laras panjang.

"Keren bat Polda Sulsel pasti udah siap dikirim ke Laut Cina Selatan buat ngadepin kapal perang RRT," tulis Veronica yang dikutip dari akun @VeronicaKoman, Sabtu, 12 September 2020.

Cuitan Veronica Koman terkait dugaan kekerasan Polairud Polda Sulawesi Selatan 

Dalam cuitnya Veronica membagikan tulisan dan video @jatamnas,"Dalam perjalanan pulang, pasca aksi, tiba-tiba perahu nelayan dihadang oleh 2 speedboat milik Polairud Polda Sulsel. Perahu nelayan dipepet/ditabrak dan alat kendali perahu (stir) dirusak. Perahu terus didorong hingga penumpang/nelayan yang ada di atas hampir terjatuh ke laut."

Cuitan Veronica sepertinya menyindir terkait berita kapal coast guard Cina memasuki ZEEI Laut Natuna Utara, Sabtu 12 September 2020 sekira pukul 10.00 WIB. Ketika diusir, kapal cina tersebut enggan untuk meninggalkan lokasi perairan Indonesia.

Warganet banyak yang mendukung pernyataan Veronica tersebut, seperti @cakbiyanam yang memberikan komentar "mana berani sama cina wong berani nya sama rakyat kecil mungil.."

"sangarnya hanya sama adek sendiri. Kalo sama orang lain ciut kek siput," ujar @IWANttobeafckby

"Wkwkw mana berani atuh, beraninya cuman sama Rakyat sendiri yg lemah pokoknya di tindas terus," tambah @afreezal_a