Seram, Ini Pernyataan Ahok Tentang Bobrok Pertamina!

Rabu, 16 September 2020 – 16:31 WIB

Basuki Tjahaja Purnama /Ahok (Foto:Istimewa)

Basuki Tjahaja Purnama /Ahok (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kembali menjadi perbincangan di media sosial karena membongkar kebobrokan sistem di Kementerian BUMN.

Ahok membongkar aib Pertamina termasuk Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai dari melobi menteri hingga persoalan gaji direksi dibongkar Ahok meski tak secara mendetail.

Menurutnya para pejabat direksi dan komisaris, ada yang melobi menteri untuk mempertahankan jabatannya.

Pernyataan tersebut dilontarkan Ahok melalui akun YouTube POIN pada Senin, 14 September 2020.

"Ganti direktur bisa tanpa kasih tahu saya. Saya sempat marah-marah juga. Direksi-direksi semua mainnya lobi ke menteri, karena yang menentukan itu menteri," ujarnya dikutip dari kanal YouTube POIN yang bertajuk 'Nekat! Ahok Lakukan Ini'.

Ahok juga membeberkan persoalan gaji para direksi yang sudah dicopot tapi tetap menikmati fasilitas yang sama.

Ahok mencontohkan jabatan direktur utama anak perusahaan Pertamina dengan gaji Rp100 juta lebih dicopot. Tapi tetap digaji meski tidak menjabat lagi.

"Masa dicopot gaji masi sama. Alasannya karena orang lama. Ya harusnya gaji mengikuti jabatan Anda kan. Tapi mereka bikin gaji pokok gede semua. Jadi bayangin gaji sekian tahun gaji pokok bisa Rp75 juta. Dicopot, gak ada kerjaan pun dibayar segitu. Gila aja nih," papar Ahok.

Ahok berkomitmen akan melakukan perbaikan sistem di Pertamina. Nantinya, birokrasi soal pangkat akan dipotong dan juga sistem pangkat akan melalui jalur lelang terbuka.

Ahok juga membuka aib Pertamina soal utang yang mencapai US$16 miliar. Menurut Ahok seharusnya Pertamina jangan lagi mikirin minjem uang. Tapi memanfaatkan 12 cekungan yang bisa dieksplorasi dengan potensi minyak dan gas bumi.