Banyak Hotel Ogah Jadi Tempat Karantina, Depok Pilih RS Swasta

Rabu, 16 September 2020 – 20:01 WIB

Wali Kota Depok, Mohammad Idris (Foto:Istimewa)

Wali Kota Depok, Mohammad Idris (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews – Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, memilih menggandeng salah satu rumah sakit swasta untuk menangani pasien corona atau Covid-19 dengan kondisi gejala ringan.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengaku pihaknya telah mencoba untuk berkoordinasi dengan sejumlah hotel yang ada di wilayahnya, namun sayang tak ada yang bersedia.

“Kita sudah coba, tapi belum ada hotel yang bersedia untuk dijadikan tempat karantina,” ujar Idris, Rabu 16 September 2020.

Selain itu, kata Idris, secara teknis operasional juga akan memiliki kendala. “Secara teknis operasional kesehatan juga agak kesulitan karena harus meng-hire nakes (tenaga kesehatan) perawatnya. Ini enggak murah,” ucapnya.

Dengan sederet alasan tersebut, lanjut Idris, maka solusi yang dinilai tepat adalah memberdayakan rumah sakit swasta.

“Kita akan sasar rumah sakit memang khusus, misalnya Rumah Sakit Citra Medika tadi untuk menampung positif OTG (orang tanpa gejala) dan ringan-ringan. Kita memilih rumah sakit yang bisa kita jadikan kerja sama,” katanya.

Untuk diketahui, jumlah kasus terkonfirmasi positif sampai saat ini telah mencapai 2.990 kasus, dengan jumlah pasien sembuh 2.027 kasus dan meninggal dunia 107 orang.