Modus Baru, Bakso Isi Sabu Pesanan Napi Bikin Geger Lapas Sukamiskin

Kamis, 17 September 2020 – 12:01 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Lapas Sukamiskin dibikin geger dengan penemuan paket sabu-sabu di dalam bakso pesanan salah satu narapidana. Upaya penyelundupan ini dibongkar oleh petugas pada Selasa 15 September 2020 malam.

Awalnya, petugas menerima paket makanan dua bungkus bakso dari seorang pengantar, yang ditujukan untuk warga binaan permasyarakatan (WBP) atas nama Nurfajar. 

"WBP Nurfajar mendatangi petugas untuk mengambil dua kantong bakso tersebut. Namun sebelum diambil, petugas memeriksa dua bakso tersebut disaksikan Nurfajar," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Abdul Aris, Rabu 16 September 2020.

Namun, petugas merasa curiga dengan paket tersebut. Lalu, kiriman itu dibongkar, dan ditemukan tiga paket plastik kecil yang berisi serbuk putih sabu-sabu.

Aris menuturkan, usai penemuan itu, petugas lapas lalu melakukan koordinasi dengan BNNP Jabar untuk memastikan barang temuan tersebut dan menyusun rencana tindakan selanjutnya.

"Kepala KPLP berkoordinasi dengan Kasi Berantas BNN Kota Bandung untuk penyerahan barang bukti dan WBP yang terindikasi terlibat dalam upaya percobaan penyelundupan narkotika," ujar Aris.

Petugas kemudian menggeledah kamar sel Nurfajar Namun tak menemukan barang mencurigakan. Hingga kini, kasus tersebut masih dikembangkan lebih lanjut.