Polisi Tetapkan Kebakaran Kejagung Peristiwa Pidana

Kamis, 17 September 2020 – 14:32 WIB

Gedung Kejagung Kebakaran (Foto:Istimewa)

Gedung Kejagung Kebakaran (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit memastikan, bahwa penyebab kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung (Kejagung) karena adanya dugaan Open Flame atau nyala api terbuka.

"Hasil olah TKP Puslabfor sumber api diduga bukan karena hubungan arus pendek, namun diduga karena Open Flame atau nyala api terbuka," kata Listyo dalam jumpa pers di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Septemebr 2020.

Listyo menjelaskan, api pertama kali berasal dari lantai 6 yakni ruang rapat Biro Kepegawaian. Kemudian, si jago merah langsung menjalar ke ruangan serta lantai lain.

Api tersebut cepat menjalar dan menghanguskan gedung utama itu lantaran banyaknya cairan yang mengandung senyawa Hidro Karbon.

"Yang diduga ada akseleran berupa ACP pada lapisan luar gedung, dan cairan minyak lobi yang mengandung senyawa hidro karbon, serta kondisi gedung yang hanya disekat oleh bahan yang mudah terbakar seperti gypsum, lantai parkit, panel HPL dan bahan mudah terbakar lainnya," papar eks Kapolda Banten itu.

Saat ini, Bareskrim Polri menyimpulkan bahwa kasus kebakaran di Gedung Kejaksaan Agung terdapat peristiwa pidana. Sebab itu, penyidik resmi meningkatkan perkara ini ke tahap penyidikan.