IFBC Banner

Mulai Hari Ini Penumpang KRL Diwajibkan Pakai Masker Kesehatan

Senin, 21 September 2020 – 12:02 WIB

Ilustrasi masker (Foto:Istimewa)

Ilustrasi masker (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai mewajibkan penumpang Commuter Line mengenakan masker kesehatan. Sementara itu, pemakaian masker scuba dan buff dilarang karena tidak sesuai dengan rekomendasi pakar kesehatan.

Langkah ini menurut VP Corporate Communciations PT KCI, Anne Purba, sesuai dengan rekomendasi mengenai jenis masker yang efektif mencegah penyebaran droplet.

"Dua jenis masker tersebut dianggap masih kurang efektif mencegah penyebaran droplet karena bahannya terlalu tipis," ujar Anne, 21 September 2020.

Dia melanjutkan, KCI akan mewajibkan penumpangnya untuk menggunakan masker kain yang terdiri dari tiga lapisan atau masker kesehatan untuk pemakaian sehari-hari.

"KCI mewajibkan seluruh penggunanya untuk memakai masker yang terbukti efektif dalam mencegah droplet atau cairan yang keluar dari mulut dan hidung," kata Anne.

Anne juga mengatakan pihaknya mengajak para pengguna untuk memperhatikan penggunaan masker yang benar, yaitu selalu menutupi hidung dan mulut hingga ke dagu.

Anne kembali mengingatkan pada masyarakat Jabodetabek agar mempertimbangkan secara matang-matang keperluannya. Jika bisa dilakukan di rumah, warga diharapkan tidak berada diluar dalam waktu yang lama sesuai dengan prinsip Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).