Waduh, RS di Kota Bekasi Nyaris Penuh Tampung Pasien Covid-19

Kamis, 24 September 2020 – 13:30 WIB

 Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Foto:Istimewa)

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Foto:Istimewa)

BEKASI, REQNews – Jumlah tempat tidur di ruang isolasi rumah sakit di Bekasi untuk pasien Covid-19 kini hanya tersisa 155 unit. Sekarang ini ada 572 pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan persediaan tempat tidur pasien COVID-19 di rumah sakit Kota Bekasi mencapai 727 unit. Dan yang sudah terpakai sebanyak 572 tempat tidur pasien corona alias nyaris penuh.

"Jadi kapasitas yang masih kosong itu ada 155 tempat tidur dari total kapasitas 727 tempat tidur di seluruh rumah sakit Kota Bekasi," kata Rahmat, Kamis 25 September 2020.

Meski begitu, kata Rahmat, secara akumulatif selama pandemi sampai sekarang pasien positif COVID-19 sebanyak 1.533 orang. Tapi diakui dia juga yang sembuh juga alami peningkatan. "Yang sembuh sudah mencapai 1.360 orang," katanya.

Untuk mengantisipasi terjadinya over kapasitas, kata Rahmat, pihaknya sudah mencari alternatif. Salah satunya, sudah tersedia rumah sakit darurat di Stadion Patriot Chandrabaga dengan kapasitas 57 tempat tidur.

Kemudian, alternatif lainnya adalah menyewa hotel bintang II di wilayah Kayuringin Kota Bekasi. Kapasitasnya 150 tempat tidur. Termasuk menyiapkan tambahan 45 tempat tidur di Islamic Center bila terjadi penambahan kasus.

"Kita terus lakukan antisipasi dengan menyiapkan tempat isolasi. Seperti tiga rumah sakit tipe D, Gedung Islamic dan hotel. Termasuk di stadion kita sudah lengkapi hepafilter, dan oksigen," lanjut Wali Kota.