Polisi Gerebek Daur Ulang 324 Ribu Kondom Bekas untuk Dijual Lagi

Jumat, 25 September 2020 – 20:00 WIB

Tempat daur ulang kondom bekas (Foto:Istimewa)

Tempat daur ulang kondom bekas (Foto:Istimewa)

VIETNAM, REQNews - Sebuah penggerebekan di salah satu tempat di Provinsi Binh Duong, Vietnam, mengungkap adanya 324.000 kondom bekas pakai yang sedang didaur ulang. Ratusan ribu kondom bekas pakai itu dihitung seberat 360 kilogram.

Dilansir dari AsiaOne, menurut keterangan pihak berwenang yang menemukan kegiatan ilegal tersebut, ribuan kondom bekas itu dicuci, dikeringkan, dan dibentuk kembali menggunakan dildo dengan kondisi yang sangat tidak higienis.

Mereka juga menemukan ribuan kondom yang dikemas ulang, untuk dijual kembali kepada pelanggan. Semua barang bukti kegiatan ilegal itu telah disita oleh pihak petugas yang berwenang.

Seorang wanita berusia 32 tahun yang menjalankan fasilitas tersebut pun diamankan. Dia mengaku menerima ribuan kondom bekas setiap bulan, dari orang yang tidak disebutkan namanya.

Berdasarkan data terkait sekitar 500 hingga 600 warga Vietnam menggunakan menggunakan kondom per tahunnya. Namun, kondom yang diproduksi di tempat yang tidak higienis, dapat menimbulkan ancaman bagi kesehatan penggunanya.

Menurut para ahli, meskipun kondom berfungsi untuk mencegah penyebaran penyakit menular seksual dan kehamilan, alat kontrasepsi ini hanya bisa digunakan untuk satu kali.

Mencuci kondom dengan sabun tidak akan membunuh semua bakteri atau virus yang ada di permukaannya. Ahli epidemiologi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan, melakukan hal itu hanya akan membuat kondom itu berpotensi robek.