Ada yang Nanya, Apa Penting Film G30S/PKI Disiarkan? Ini Jawaban Mahfud MD

Jumat, 25 September 2020 – 22:31 WIB

Ilustrasi film G30S/PKI (Foto:Istimewa)

Ilustrasi film G30S/PKI (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan, dirinya sering menonton film G30S/PKI tapi bukan karena ingin tahu sejarah PKI.

"Ada yang nanya, apa penting film G.30.S/PKI disiarkan? Saya jawab, saya selalu nonton film tersebut, tapi bukan ingin tahu atau meyakinkan tentang sejarah PKI," kicau Mahfud menggunakan akun Twitter @mohmahfudMD, Jumat, 25 September 2020.

Mahfud mengaku, menonton film tersebut karena kagum terhadap karya yang disutradarai dan ditulis oleh Arifin C. Noer. Terkait sejarah PKI, Mahfud MD mengaku sudah mengetahui.

"Saya selalu nonton karena ia adalah karya film yang bagus artistik dan dramatisasinya. Kalau sejarah PKI sih saya sudah tahu sebab tahun 1965 saya sudah 8 tahun," kata Mahfud MD.

Kicauan Mahfud MD mendapat komentar dari warganet. Salah satunya Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon.

Fadli menegaskan film G30S/PKI memang bagus dan mengingatkan sejarah kelam Indonesia.

"Mengingatkan sejarah kelam Indonesia: kudeta PKI 1965. Saya yakin apa yang diceritakan film G30S/PKI mewakili apa yang terjadi di zaman itu. Saya belum lahir," tulis @fadlizon di Twitter.

Sementara itu akun @MenjejakBumi mengatakan "ya anda tahu pak masalah nya kalau tidak dilakukan tiap tahun generasi muda tidak akan tahu bahkan perlahan akan lupa! Yg tua sebagai pelaku sejarah,korban atau orang yg pernah hidup di jaman itu akan meninggal semua.kalau tdk di peringati lama2 akan lupa!"

"knp menjawab berbeda ? Knp tdk simple saja penting atau tidak ? Dan kalimat anda mengatakan "karya film yg bagus artistik & dramatisasinya" knp tdk ada kalimat "sejarah penghianatan" pdhal anda tahu sejarah G30sPKI, " ujar @MuhammaD19s

"Cerita mbah2 dulu, Pemberontakan PKI 48, Muso, di madiun sangat sadis dan korban jiwa banyak dari kalangan kyai. KH. Dimyati, Magetan, menveritakan pd sy juga ibu dan bapaknsaya," tambah @Bambang_Prast.