Breaking News: Pesawat Pengangkut Taruna AU Jatuh, 22 Tewas

Sabtu, 26 September 2020 – 12:30 WIB

Ilustrasi pesawat Angkatan Udara

Ilustrasi pesawat Angkatan Udara

JAKARTA, REQnews - Pesawat militer pengangkut taruna Angkatan Udara (AU) jatuh dan terbakar di wilayah Ukraina timur pada Jumat 25 September 2020 malam. Dalam insiden ini, 22 orang dinyatakan tewas di tempat.

Pesawat berjenis Antonov An-26 itu jatuh saat berupaya mendarat dalam sesi latihan. Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina Ruslan Khomchak menyebut, selain 22 korban tewas, ada dua orang lainnya terluka parah.

Rekaman yang diunggah Deputi Kementerian Dalam Negeri Ukraina Anton Gerashchenko menunjukkan, asap membumbung tinggi di langit dari pesawat yang terbakar itu. Tampak para penyelamat melakukan evakuasi darurat dan memeriksa badan pesawat yang hancur.

Dari hasil penelusuran sementara, pilot sempat melaporkan kerusakan pada mesin kiri pesawat. Namun, menurut Interfax Ukraina, harusnya masalah ini tak begitu serius jika pilotnya berpengalaman.

Dilaporkan juga, jelang pesawat menghantam tanah, beberapa penumpang di dalamnya berupaya melompat pada ketinggian yang rendah. Kecelakaan itu terjadi sekitar 2 km dari bandara militer, kata Layanan Gawat Darurat Negara Ukraina.

Kabarnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy akan meninjau langsung lokasi terbakarnya pesawat pada Sabtu 26 September 2020.