Kasus Covid-19 Makin Besar Sejak Ditangani Luhut, Jokowi Didesak Evaluasi

Minggu, 27 September 2020 – 20:02 WIB

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA, REQnews - Pengamat politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam menilai, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (LBP), tidak mampu menangani wabah virus corona (Covid-19).

Sebab sejak ditugaskan Presiden Joko Widodo per 15 September lalu, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia justru mengalami peningkatan dan terus bertambah hingga di angka empat ribu orang dan hampir mencapai lima ribu orang per harinya.

"Karena corona bukan tambah reda, malah makin menggila. Jangan-jangan ini karena ketidakmampuan Luhut dalam mengatasi corona dengan baik dan benar," ujar Saiful, Minggu, 27 September 2020.

Apalagi, sambung Saiful, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar parawansa juga mendesak agar kebijakan Luhut soal kriteria meninggal dunia karena Covid-19 direvisi. “Bisa jadi itu bagian dari skenario Luhut agar menekan angka kematian karena Covid-19," duganya.

Saiful pun meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk segera mengevaluasi Luhut karena dianggap tidak mampu mengatasi Covid-19. "Saya kira Jokowi jangan terlalu percaya kepada Luhut, yang lain saya kira juga bisa, justru apabila Luhut selalu dipakai akan menimbulkan kecemburuan antar satu dengan lainnya," pungkas Saiful.