Muncul Amoeba Pemakan Otak, Sejak Minggu Texas Tetapkan Darurat Bencana

Selasa, 29 September 2020 – 16:32 WIB

Ilustrasi amoeba (foto:Istimewa)

Ilustrasi amoeba (foto:Istimewa)

TEXAS, REQNews - Anak berusia enam tahun yang berasal dari Texas, Amerika Serikat, meninggal dunia karena terinfeksi amoeba pemakan otak pada 8 September 2020 lalu. Dengan adanya kabar tersebut, pemerintah setempat menetapkan kasus darurat bencana sejak Minggu 27 September 2020, terutama di wilayah Brazoria County, termasuk Lake Jackson.

Dikutip dari AFP, amoeba yang dimaksud memiliki nama latin Naegleria fowleri, ditemukan pada selang keran di taman dekat rumah anak tersebut. Setelah ditelusuri lebih lanjut, amoeba tersebut juga ditemukan di air mancur di pusat kota dan hidran kebakaran yang hanya berjarak satu jam dari kota Houston.

Dilansir dari Houston Chronicle, kakek-nenek dari anak tersebut mengungkapkan bahwa cucunya bisa saja terinfeksi dari air yang terkontaminasi ketika dirinya bermain di taman kota sebelum akhirnya jatuh sakit.

Kini, taman tersebut telah ditutup. Pemerintah setempat juga sempat memberi sebuah peringatan kepada penduduk sekitar untuk tidak minum, mandi, atau memasak dari air keran.

Meski peringatan tersebut kini sudah dicabut, pemerintah setempat tetap menganjurkan untuk merebus air terlebih dahulu sebelum akhirnya digunakan untuk berbagai keperluan.

Tahun lalu, amoeba yang dapat berkembang biak di sungai atau air danau yang hangat dan segar serta di kolam renang yang tidak terawat ini juga menewaskan seorang anak berusia 10 tahun bernama Lily Mae.

Proses masuknya Amoeba ke dalam tubuh yaitu dengan percikan air yang terkontaminasi masuk melalui selaput hidung dan akhirnya menembus ke otak. Akibatnya, seseorang dapat mengalami migrain parah, hipertermia, leher kaku, muntah, pusing, kelelahan ekstrim, kebingungan, hingga halusinasi.