Apes Lagi! Penangguhan Penahanan Jerinx Ditolak Majelis Hakim

Selasa, 06 Oktober 2020 – 17:02 WIB

I Gede Ari Astina alias Jerinx SID

I Gede Ari Astina alias Jerinx SID

DENPASAR, REQnews - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar menyatakan I Gede Ari Astina alias Jerinx SID harus tetap dalam tahanan. Oleh karena itu, permohonan penangguhan penahanan Jerinx yang diajukan pengacaranya ditolak.

"Terkait dengan permohonan kami, Yang Mulia, terkait dengan penangguhan penahanan, karena kan sidang sudah berjalan hampir dua bulan, kami kira Yang Mulia juga sudah melakukan musyawarah. Mohon diberikan jawaban terkait permohonan penangguhan penahanan, Yang Mulia," ujar tim penasihat hukum Jerinx yang menanyakan jawaban permohonan penangguhan penahanan usai majelis hakim membacakan putusan sela dalam sidang online, Selasa, 6 Oktober 2020.

Ketua majelis hakim Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi mengatakan permohonan penangguhan penahanan Jerinx ditolak. Sebab, Jerinx masih dibutuhkan untuk pemeriksaan. "Ya karena masih dibutuhkan untuk pemeriksaan perkaranya dan hingga saat ini masih tetap harus berada dalam tahanan," kata Adnya Dewi.

"Ditolak begitu, Yang Mulia?" tanya tim penasihat hukum.

"Iya, itu pendapat dari majelis hakim," ujar Adnya Dewi.

Sebelumnya, majelis Hakim PN Denpasar memutuskan menolak nota keberatan tim penasihat hukum Jerinx. Perkara dugaan ujaran kebencian lewat postingan 'IDI Kacung WHO' dilanjutkan ke pokok perkara.

"Mengadili, 1, menyatakan keberatan dari penasihat hukum terdakwa tersebut tidak diterima. 2 memerintahkan penuntut umum melanjutkan pemeriksaan perkara nomor 828 pidsus/2020/PN-Denpasar atas nama I Gede Ari Astina alias Jerinx tersebut di atas, menangguhkan biaya perkara sampai dengan putusan akhir," kata Ketua majelis hakim Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi.

Sidang Jerinx akan dilanjutkan pada Selasa 13 Oktober 2020 dengan agenda pemeriksaan saksi dari jaksa penuntut umum. Sidang akan dilakukan secara offline atau muka.