Menkominfo Minta Bos YouTube Bersih-bersih

Sabtu, 17 Oktober 2020 – 10:02 WIB

Johnny Gerard Plate (Foto:Istimewa)

Johnny Gerard Plate (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews – Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Johnny Gerard Plate menyebut ada ribuan konten hoaks yang berkaitan dengan pandemi Covid-19 saat ini. Hoaks ini tersebar di sejumlah platform digital baik di Facebook, Instagram, YouTube hingga TikTok.

"Hoaks memang banyak, terkait dengan pandemi Covid-19 ini. Ada 2 ribu lebih sebaran yang sudah ada di platform digital," ujar Johnny, Jumat 16 Oktober 2020.

Johnny menjabarkan, sesuai dengan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Kemenkominfo salah satu tugasnya adalah menjaga sterilnya ruang digital di Indonesia.

Berbagai upaya pun telah dilakukan Kemenkominfo untuk menjaga ruang digital. Di antaranya dengan melakukan labelisasi hoaks.

Johnny mengungkapkan, pihaknya juga menjalin komunikasi dengan penyedia platform digital seperti YouTube. Johnny menyebut dirinya telah bertemu dengan CEO YouTube, Susan Wojcicki.

"Bulan yang lalu saya berkomunikasi dengan ibu Susan Wojcicki, CEO YouTube dan setelah itu apa namanya platform digital ini mengambil langkah cepat pembersihan di ruang digital," imbuh Johnny.

Johnny menambahkan, Kemkominfo juga memiliki rencana jangka panjang terkait penanggulangan konten hoaks. Beberapa program pun disiapkan agar penyebaran hoaks atau disinformasi tak berkelanjutan yaitu lewat Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

"GNLD Siberkreasi itu bertugas melakukan diseminasi dan sosialisasi terkait dengan ruang digital Indonesia. Ini menjangkau lebih dari 70 juta rakyat dan bekerja bersama dengan lebih dari 108 lembaga, termasuk lembaga swadaya di dalamnya,"ungkap Johnny.