Senin, Mahfud MD Umumkan Hasil Investigasi TGPF Intan Jaya Papua

Sabtu, 17 Oktober 2020 – 22:01 WIB

Mahfud MD (foto:istimewa)

Mahfud MD (foto:istimewa)

JAKARTA, REQNews - Menteri Kordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD akan memberikan pengumuman soal hasil investigasi Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Intan Jaya, Papua, pada Senin, 19 Oktober 2020.

TGPF telah menyelesaikan tugasnya dalam proses pencarian informasi dan data terkait serangkaian kasus penembakan yang terjadi Intan Jaya Papua.

Sekretaris Kemenko Polhukam, Letjen TNI Tri Soewandono mengatakan, tim yang dibentuk telah berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan.

"Hasilnya nanti akan kami serahkan kepada Pak Menko dan Pak Menko sendiri pada hari Senin akan menyampaikannya," katanya dalam konferensi pers virtual, Sabtu, 17 Oktober 2020.

Di kesempatan yang sama, Ketua Tim Investigasi Lapangan, Benny Mamoto menghaturkan terima kasih atas segala bentuk kerja sama yang dilakukan oleh para anggota tim yang bertugas. Menurutnya, anggota TGPF Intan Jaya memiliki komitmen yang tinggi untuk membuat kasus ini menjadi terang.

"Pak Menko telah menyusun tim yang terdiri dari Akademisi, Kejaksaan, Polhukam sendiri, serta tokoh agama. Dan ternyata komitmen tim yang begitu tinggi solid dan penuh semangat itulah yang membuat 14 hari bisa dengan padat kita bisa melakukan berbagai kegiatan dan mencapai target," kata Benny.

Kegiatan yang dilakukan oleh TGPF di Bumi Cenderawasih, kata Benmy antara lain mengumpulkan data, melakukan kroscek informasi, serta berkomunikasi dengan tokoh agama dan masyarakat.

Menurutnya, sebagai ketua TGPF, sama sekali dia tidak mendikte para anggota untuk menanyakan hal yang tendensius, dia memberikan kebebasan kepada masing-masing anggota.