Innalillah, 22 Tentara Hilang Tertimbun Tanah Longsor

Minggu, 18 Oktober 2020 – 16:31 WIB

Ilustrasi longsor (foto: istimewa)

Ilustrasi longsor (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Sebanyak 22 tentara dilaporkan hilang, setelah tanah longsor yang terjadi di Provinsi Quang Tri Vietnam, Minggu 18 Oktober 2020 pagi.

Ya, kondisi cuaca di Vietnam dinyatakan sebagai yang terburuk dalam puluhan tahun terakhir. Sejak awal Oktober, sudah 64 orang tewas akibat banjir dan tanah longsor, yang disebabnya ekstremnya curah hujan.

Tanah longsor menimpa barak unit Kawasan Militer Ke-4 Vietnam. Sebelumnya, sebanyak 13 orang juga dilaporkan tewas, yang didominasi tentara di provinsi Thua Thien Hue.

Wakil Menteri Pertahanan Vietnam Phan Van Giang kepada awak media menyatakan bencana ini begitu buruk, sampai-sampai ia ingin mengalami insomnia saja.

Selain itu, media pemerintah pada Minggu melaporkan bahwa permukaan air sungai di Provinsi Quang Tri naik ke level tertinggi dalam lebih dari 20 tahun.

Di Provinsi Thua Thien Hue, tim penyelamat masih berjuang dengan menerjang hujan saat mencari sedikitnya 15 pekerja bangunan yang hilang dan dikhawatirkan tewas pascalongsor awal pekan di daerah pegunungan.

Curah hujan sampai 600 milimeter masih akan mengguyur sejumlah bagian Vietnam tengah hingga Rabu 21 Oktober mendatang, menurut badan prakiraan cuaca negara tersebut.