Terlibat LGBT, Serka RR dan Kapten IC Positif HIV

Kamis, 22 Oktober 2020 – 08:01 WIB

Ilustrasi (foto: istimewa)

Ilustrasi (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Dua personel TNI Angkatan Udara yang terlibat dalam skandal Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT) dipastikan positif terjangkit virus mematikan HIV/AIDS akibat seringnya berganti-ganti pasangan.

Kondisi Serka RR tersebut dibacakan dalam putusan Majelis Hakim Pengadilan Militer Semarang pada Rabu 21 Oktober 2020. Serka RR dipastikan telah dipecat dari institusi TNI akibat perilaku seks menyimpangnya.

"Tadi kita dengar sendiri, dalam putusannya, Majelis Hakim menyebut kondisi kesehatan terdakwa yang positif mengidap HIV/AIDS atas hasil pemeriksaan kesehatan oleh tim medis Oditur. Itu juga masuk jadi pertimbangan hakim dalam menjatuhkan vonis, karena kalau dibiarkan bisa menularkan ke anggota lain," kata Pejabat Pemberi Informasi Pengadilan Militer II-10 Semarang Mayor Laut KH Fadhil Hanra.

Sementara Kapten IC, diketahui merupakan salah satu pasangan homoseksual Serka RR. Ia juga berstatus terdakwa dalam peradilan tersebut.

"Terdakwa Serka RR mengawali hubungannya dengan terdakwa Kapten IC. Keduanya sekarang sama-sama positif HIV. Kalau dari fakta persidangan yang berjalan, karena berganti-ganti pasangan. Terdakwa Serka RR saja dari 2009 sampai 2019, sudah berhubungan dengan 10 orang lebih," ujar Fadhil.

Dalam perkara ini, majelis hakim menjatuhkan vonis kepada Serka RR hukuman 8 bulan penjara dan dipecat sebagai TNI. Majelis hakim menyatakan Serka RR terbukti bersalah melanggar pasal 103 KUHP Militer terkait ketidaktaatan perintah pimpinan dan Pasal 281 KUHP tentang perbuatan asusila.