Tim Satgas Pemburu Harun Masiku Dievaluasi

Jumat, 23 Oktober 2020 – 06:30 WIB

Harun Masiku

Harun Masiku

JAKARTA, REQnews - Pimpinan KPK mengevaluasi tim satuan tugas (satgas) yang memburu Harun Masiku, sebab hingga saat ini buronan kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) DPR itu belum juga tertangkap.

"Iya, yang jelas dievaluasi, terutama satgasnya yang bertanggung jawab," kata Deputi Penindakan KPK Karyoto di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 22 Oktober 2020. Ia menjelaskan, pencarian buron ini memang menjadi salah satu perhatian dari pimpinan. Untuk itu, Karyoto mengatakan tim di Kedeputian Penindakan akan terus berupaya menangkap para buron KPK.

"Tentunya bagi kami ini tentu harus dipicu lagi tentang bagaimana cara mencari buronan dalam sistem korwil korsup itu kita membantu mencari DPO. DPO sendiri masih terbengkalai, ini tidak terbengkalai, artinya tidak ada informasi yang signifikan. Kita punya di DPO Harun Masiku kemudian yang Aceh, Izil Azhar, Samin Tan, dan Hendra," ucapnya.

Karyoto kemudian mencontohkan tim satgas yang menangani Nurhadi. Ia menyebut tim Satgas kasus Nurhadi itu selama 2 bulan tidak berhenti mencari informasi hingga akhirnya menangkap Nurhadi. "Seperti satgas Nurhadi mungkin 2 bulan di lapangan cari informasi, ketika ada di Surabaya, lari ke Surabaya, lalu ada informasi di Jakarta. Namanya buronan ya terus moving dan bersyukur kita bisa tangkap Nurhadi," sebutnya.