Usut Kematian Pendeta Yeremia, Polri Siapkan Dokter Independen

Sabtu, 24 Oktober 2020 – 09:01 WIB

Pdt Yeremia Zanambani

Pdt Yeremia Zanambani

JAKARTA, REQnews - Polda Papua berencana menghadirkan dokter foreksik independen untuk melakukan autopsi terhadap jenazah Pendeta Yeremia Zanambani, yang tewas karena tertembak di Hipadipa, Kabupaten Intan Jaya beberapa waktu lalu.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw berkata, autopsi akan dilakukan di TKP oleh dokter yang didatangkan dari Makassar, Sulawesi Selatan.

"Dilibatkannya dokter independen ini agar masyarakat yakin akan netralitas pemeriksaan yang dilakukan, walaupun Polda Papua juga memiliki dokter forensik," kata Waterpauw, Jumat 23 Oktober 2020.

Lebih lanjut, Waterpauw menyebut, autopsi masih belum pasti kapan dilaksanakannya, mengingat TKP sulit terjangkau karena medan yang berat. Belum lagi, faktor keamanan menjadi pertimbangan tambahan.

Selain autopsi, Polda Papua juga akan melakukan uji balistik untuk mengetahui jenis senjata api yang digunakan dalam kasus pembunuhan Pendeta Yeremia.

Seperti diketahui, Pdt Yeremia ditemukan tak bernyawa dengan luka tembak di Kampung Bomba, Distrik Hipadipa, saat ia memberi makan ternak babi pada 19 September 2020 lalu.