Pilpres Belum Mulai, 51 Juta Warga AS Sudah Nyoblos Duluan

Senin, 26 Oktober 2020 – 00:04 WIB

Donald Trump vs Joe Biden

Donald Trump vs Joe Biden

JAKARTA, REQnews - Pemungutan suara dalam Pilpres AS baru akan dimulai pada 3 November 2020 mendatang. Namun, sebanyak hampir 51 juta warga AS sudah memberikan suara serta menentukan pilihannya, antara Joe Biden dan petahana Donald Trump.

Lalu, seperti apa hasilnya?

Mengutip France 24, Minggu 25 Oktober 2020, Michael McDonald dari Proryek Pemilu Universitas Florida mengatakan, 51 juta warga AS itu memberikan suaranya melalui pos yang sudah ditentukan, 11 hari sebelum pemilihan.

Ia menjelaskan, jumlah suara yang terkumpul kira-kira mencapai 21 persen dari semua pemilih yang sudah memenuhi syarat. 

Dalam pemungutan suara tersebut, Partai Demokrat dengan jagoannya, Joe Biden, unggul 5 juta suara, dibandingkan Republik dengan Donald Trump sebagai andalannya. 

Menanggapi pemilihan cepat tersebut, Demokrat melalui keterangan resminya menyatakan gembira. Namun, tetap harus waspada dengan manuver yang mungkin dilakukan Republik pada hari pemungutan suara.

Sementara dari Republik, masih menaruh harapan besar akan memenangkan Pilpres AS ini. Ada beberapa negara bagian yang diyakini masyarakatnya akan memilih dan memenangkan Donald Trump secara telak, seperti North Carolina, Florida, dan Iowa.