Viral 790 Karyawan Garuda Putus Kontrak, Irfan Setiaputra: Terima Kasih!

Selasa, 27 Oktober 2020 – 13:57 WIB

Ilustrasi Pramugari Garuda (Foto: Istimewa)

Ilustrasi Pramugari Garuda (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Per 1 November 2020 menjadi hari kelabu untuk 790 karyawan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Mereka harus menerima nasib diputus kontraknya setelah dirumahkan tanpa gaji sejak Mei 2020 lalu.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengakui jika kebijakan tersebut merupakan keputusan sulit yang terpaksa diambil, setelah melakukan berbagai upaya penyelamatan untuk memastikan keberlangsungan perusahaan di tengah tantangan dampak pandemi COVID-19.

Kebijakan itu diambil korporasi sebagai upaya penyelesaian lebih awal masa kontrak kerja karyawan dengan status tenaga kerja kontrak. "Sehubungan dengan informasi mengenai pemutusan hubungan kerja atau PHK yang dilakukan Garuda Indonesia terhadap sejumlah karyawan, perlu kiranya kami sampaikan bahwa pada dasarnya kebijakan yang diberlakukan adalah percepatan penyelesaian kontrak kerja," kata Irfan dalam penjelasan tertulis di Jakarta, Jumat 27 Oktober 2020.

Kebijakan tersebut mulai berlaku tanggal 1 November 2020 kepada sedikitnya 700-an karyawan berstatus tenaga kerja kontrak. langkah tersebut diambil sebagai imbas turunnya demand layanan penerbangan pada masa pandemi.

Namun ia memastikan semua hak karyawan yang terkena pemutusan kontrak kerja ini akan dipenuhi. "Garuda Indonesia memastikan akan memenuhi seluruh hak karyawan yang terdampak sesuai dengan peraturan yang berlaku, termasuk pembayaran di awal atas kewajiban Perusahaan terhadap sisa masa kontrak karyawan," ujarnya.

"Kami turut menyampaikan rasa terima kasih kepada karyawan yang terdampak kebijakan ini, atas dedikasi dan kontribusinya yang telah diberikan terhadap Garuda Indonesia hingga saat ini," kata Irfan.

Sebelumnya, di akun media sosial (medsos) sejumlah pramugari Garuda Indonesia, diramaikan oleh pernyataan pamitan dari pekerjaannya. Selain di instastory, pernyataan senada itu viral disampaikan di akun TikTok.

"Bye my lovely job. Ini toh rasanya di-PHK dadakan," tulis pemilik sebuah akun TikTok, sambil menampilkan foto selfie berseragam pramugari Garuda Indonesia warna hijau tosca.

"Maksudnya undur diri, saya udah gak aktif sebagai pramugari lagi di maskapai saya yang sekarang. Mudah-mudahan pandemi ini cepat berakhir yaa, semangat," tulis pemilik akun lain di instastory.

"790 karyawan Garuda di-PHK hari ini termasuk aku. Semangat temen-temen, udah dirumahkan 6 bulan tanpa digaji eh malah dilepas kaya begini," tulis pemilik akun TikTok lainnya, sambil mengunggah foto-foto dan video saat bertugas sebagai pramugari di Garuda Indonesia.