Bakal Diperiksa Bareskrim, Refly Harun Sudah Siap Dibui?

Rabu, 28 Oktober 2020 – 02:01 WIB

Refly Harun (foto: istimewa)

Refly Harun (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Pakar hukum tata negara Refly Harun akan diperiksa Bareskrim Polri terkait kasus ujaran kebencian dan penghinaan terhadap Nahdlatul Ulama (NU), yang menjerat Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menegaskan, pihaknya tak pandang bulu dan akan memeriksa siapa-siapa saja yang diduga terlibat dalam kasus ini.

"Siapa yang merekam, siapa yang mengedit, siapa yang mengundang atau meng-upload, semuanya akan dipanggil," kata Awi di Jakarta, Selasa 27 Oktober 2020.

Awi menyebut, saat ini Bareskrim tengah memeriksa video berisi dugaan penghinaan yang ditayangkan di channel YouTube Refly tersebut. Pemeriksaan dilakukan di laboratorium digital forensik.

"Ada dua itu, semua diperiksa oleh penyidik. Masih diperiksa di laboratorium digital forensik. Kita tunggu, nanti kalau sudah selesai akan diperiksa ahlinya ITE," ujar Awi.

Kini pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi termasuk pelapor dan juga seorang ahli.  Jenderal bintang satu ini menegaskan, pihaknya akan memanggil semua orang yang terlibat dalam tayangan video Gus Nur tersebut.

"Kita masih berjalan ini, tadi sudah saya sampaikan tidak menutup kemungkinan saksi-saksi yang lain atau orang-orang yang terlibat pembuatan itu, baik yang mengunggah, yang mengedit, shooting, semua termasuk yang mewawancarai semua akan kita panggil," kata dia.