Alhamdulillah, Tak Ada WNI Jadi Korban Teror Gereja di Prancis

Jumat, 30 Oktober 2020 – 05:32 WIB

Ilustrasi teror di Prancis

Ilustrasi teror di Prancis

JAKARTA, REQnews - Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI memastikan, tak ada satupun Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam teror berpisau yang terjadi di salah satu gereja di Kota Nice, Prancis pada Kamis 29 Oktober 2020.

Kepastian ini didapatkan setelah Kemenlu berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Prancis dan KJRI Marseille.

"Hingga saat ini tidak terdapat informasi adanya korban WNI dalam serangan tersebut," mengutip situs resmi Kemenlu, Kamis.

Setelah peristiwa mengenaskan itu terjadi, KBRI dan KJRI Marseille langsung bertindak cepat dengan melakukan koordinasi terhadap aparat di kota tersebut. Selain itu, komunikasi juga dilakukan dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Prancis.

Menurut Kemenlu, ada 4.023 warga negara Indonesia yang saat ini menetap di Prancis. Hanya sebagian kecil yang menetap di Nice.

"Tercatat terdapat total 4.023 WNI yang menetap di Perancis dimana 25 orang diantaranya tinggal di Nice dan sekitarnya," tulis keterangan resmi Kemenlu.

Peristiwa teror di Nice ini telah menewaskan tiga orang. Satu di antaranya dilaporkan telah dipenggal, oleh pelaku yang diduga berasal dari Tunisia dan baru menginjakkan kakinya di Eropa.