Gempa Turki, Semua WNI Dipastikan Aman

Sabtu, 31 Oktober 2020 – 04:00 WIB

Gempa di Turki (foto: istimewa)

Gempa di Turki (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Kedutaan Besar Rapublik Indonesia (KBRI) Ankara memastikan, tak ada satupun WNI yang menjadi korban bencana gempa bumi dan tsunami di Turki, yang terjadi pada Jumat 30 Oktober 2020.

"Sejauh ini tidak diperoleh laporan mengenai adanya WNI yang terkena dampak langsung gempa tersebut," kata Koordinator Perlindungan WNI KBRI Ankara Harliyanto dalam keterangan tertulis.

Saat ini, KBRI Ankara masih melakukan pengumpulan informasi dari berbagai pihak dan warga Indonesia yang berada di Turki, khususnya di wilayah terdampak gempa.

Laporan otoritas setempat, gempa besar ini berdampak bukan hanya di Turki, namun hingga Yunani. Sejumlah bangunan di pusat Kota Izmir, kota ketiga terbesar di Turki setelah Istanbul dan Ankara, rusak berat.

Selain Izmir, kota-kota yang terdampak di sekitar wilayah tersebut antara lain Kota Usak, Denizli, Manisa, Balikesir, Aydin dan Mugla. Hingga kini, dilaporkan bahwa ada 14 orang menjadi korban tewas, sementara ratusan lainnya luka-luka, dan diduga kuat masih banyak orang yang tertimbun reruntuhan bangunan.

Berdasarkan data KBRI Ankara, terdapat sekitar 98 WNI yang tinggal di Izmir dan daerah sekitarnya yang terdampak. Sebagian besar WNI berprofesi sebagai pekerja spa dan mahasiswa.