Gatot Dapat Bintang Mahaputera, Rocky Gerung: Ini Dilema Moral

Rabu, 11 November 2020 – 09:31 WIB

Rocky Gerung

Rocky Gerung

JAKARTA, REQnews - Pengamat politik Rocky Gerung ikut mengomentari pemberian penghargaan Bintang Mahaputera dari Presiden Joko Widodo kepada eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Menurut Rocky, pemberian penghargaan ini akan menjadi sebuah dilema moral besar di Indonesia. Ia menjelaskan, Gatot sudah berusaha membuat jarak dengan pemerintah, agar menjadi evaluasi dalam praktik kekuasaan rezim.

Namun, aksinya itu justru menjadi tuduhan miring dari Istana, terhadap Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), yang salah satu deklaratornya adalah Gatot.

Rocky menyebut, akibat hal itu, KAMI kemudian dituduh menjadi sponsor kerusuhan saat buruh menolak UU Cipta Kerja, belum lama ini. Tiga orang deklarator KAMI juga ditangkap oleh kepolisian.

"Dilemanya adalah kalau Pak Gatot menerima kalung medali itu, orang akan bertanya, 'Yang sana dapat kalung, yang 3 dapat borgol?’ Jadi itu dilema moralnya," kata Rocky dalam video di channel YouTube-nya, seperti dilihat pada Selasa 10 November 2020.

Lebih lanjut, Rocky yang kerap melontarkan kritik pedas ke pemerintah ini berkata, dilema moral itu seharusnya tidak terjadi, andai rezim Jokowi tak menuding KAMI sebagai dalang perusak demokrasi di Tanah Air.

Ia kemudian melihat, pemberian Bintang Mahaputera ini sebagai penebusan dosa atas rasa bersalah Istana kepada KAMI, khususnya Gatot.

"Kalau KAMI tidak disebutkan sebagai perusak demokrasi, karena caci-maki terhadap KAMI kan dalam satu bulan ini kan berlangsung terus. Jadi saya membaca bahwa Istana mungkin punya rasa bersalah menuduh KAMI sebagai biang kerok dari kekacauan politik, karena itu diberikan lah anugerah kepada Gatot," ujar Gerung.