KKB Kembali Berulah, Pos TNI Ditembaki Satu Nyawa Warga Melayang

Senin, 16 November 2020 – 10:31 WIB

KKSB Papua (Foto:Istimewa)

KKSB Papua (Foto:Istimewa)

PAPUA, REQNews - Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) kembali berulah. Mereka memberondongkan tembakan ke Pos TNI di Nduga, Papua, hingga menewaskan seorang warga asli Papua.

Aksi teror ini terjadi beberapa hari lalu. Korban tewas karena tembakan yakni Yulius Wotepo.

“Meski sudah dibawa ke rumah sakit, namun dia kehilangan nyawa,” bunyi siaran pers Pusat Penerangan TNI, Minggu, 15 November 2020 malam.

TNI menyatakan, kronologi penembakan berawal ketika Yulis berangkat kerja dari kamp perusahaan. Dia merupakan pekerja yang sedang membangun jalan di depan rumah bupati.

Target tembakan tersebut yakni adalah Pos TNI Satgas Penyangga Yonif PR 330/TD Pasar Baru Kenyam, Kabupaten Nduga.

“Mendengar tembakan, Yulius langsung kembali ke kamp. Namun sayang dia roboh bersimbah darah karena tertembus peluru. Yulius sempat dievakuasi ke Mimika, namun sayang tak terselamatkan,” kata Kabid Humas Polda Papua Ahmad Mustofa Kamal.

TNI menegaskan, tindakan KKSB tidak dapat ditoleransi. Jika KKSB berhasil ditangkap, mereka akan beralasan Yulius merupakan aparat berpakaian preman. Namun mereka yangg biasa bergerilya tentu tak tahu beda antara aparat berseragam dengan yang sedang menyamar sehingga dengan membabi-buta langsung melontarkan peluru.

Peristiwa penembakan ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya ada tukang ojek yang jadi korban kekejaman kelompok separatis ini. Mereka juga berani menembaki para pekerja bangunan di Intan Jaya.