Duh, Corona Serang Markas Besar WHO

Selasa, 17 November 2020 – 15:35 WIB

Markas besar WHO di Jenewa, Swiss (Foto:Istimewa)

Markas besar WHO di Jenewa, Swiss (Foto:Istimewa)

JENEWA, REQNews - Markas Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) diserang Covid-19. Dalam sepakan terakhir WHO menyatakan ada lima staf di markas besar Jenewa, Swiss, terinfeksi virus Corona.

Dikutip dari Reuters, Selasa, 17 November 2020, WHO sedang menyelidiki kemungkinan adanya klaster penularan Covid-19 di kantor pusat itu terkait kasus yang dilaporkan belakangan ini. Sejauh ini ada 65 staf WHO yang positif Covid-19 sejak pandemi dimulai.

Kepala teknis WHO untuk Covid-19 Maria Van Kerkhove mengatakan, lima anggota staf WHO yang positif dalam kondisi prima.

"Semua baik-baik saja, ada yang mengalami gejala ringan dan tidak," ujarnya.

Sementara itu pakar WHO Mike Ryan mengatakan, Kota Jenewa dan wilayah sebelahnya, Vaud, mengalami penularan kasus Covid-19 yang intensif saat ini.

"Sepengetahuan saya, klaster yang sedang diselidiki adalah bukti pertama kemungkinan penularan di kantor WHO, tapi kami tidak dapat sepenuhnya melindungi diri dari hubungan sosial, hubungan lain dengan keluarga, sekolah, serta banyak lainnya," katanya.

Pernyataan ini diungkap di hari yang sama saat Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyelesaikan masa karantina setelah setelah menjalin kontak dengan seseorang yang kemudian dinyatakan terinfeksi virus corona.