Jerinx Divonis 1 Tahun 2 Bulan Penjara Dalam Kasus IDI Kacung WHO

Kamis, 19 November 2020 – 14:32 WIB

Jerinx SID (Foto:Istimewa)

Jerinx SID (Foto:Istimewa)

DENPASAR, REQNews - Pengadilan Negeri (PN) Denpasar memvonis I Gede Ari Astina atau Jerinx hukuman 1 tahun 2 bulan penjara dan denda Rp 10 juta, Kamis, 19 November 2020. Hakim menyatakan Jerinx bersalah atas kasus 'IDI Kacung WHO'.

Hakim Ida Ayu Adnya Dewi menyampaikan, bahwa Jerinx telah terbukti bersalah menyebarkan ujaran kebencian terhadap IDI karena menyebut kata kacung World Health Organization (WHO) dalam akun instagram-nya.

"Menyatakan terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx tersebut di atas terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah," kata Ida Ayu Adnya Dewi.

Hakim melanjutkan, bahwa Jerinx melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas antar golongan, sebagaimana dalam dakwaan alternatif pertama penuntut umum

Dalam amar putusannya, hakim menegaskan bahwa jika denda tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama 1 bulan.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 tahun dua bulan dan pidana denda Rp10 juta, dengan ketentuan apabila denda tak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 1 bulan," sambungnya.

Vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU), yaitu 3 tahun penjara dengan denda Rp 10 juta.