TNI Turunkan Baliho Habib Rizieq, Pangdam Jaya: Itu Perintah Saya

Jumat, 20 November 2020 – 13:32 WIB

TNI turunkan balio Habib Rizieq (Foto:istimewa)

TNI turunkan balio Habib Rizieq (Foto:istimewa)

JAKARTA, REQNews - Viral video di media sosial yang menunjukkan anggota TNI menurunkan baliho bergambar Habib Rizieq Shihab. Pria yang menurunkan baleho tersebut diketahui dari TNI karena menggunakan pakaian loreng.

Panglima Daerah Komando Militer Jaya/Jayakarta (Pangdam Jaya), Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengakui bahwa itu dilakukan atas perintah langsung dari dirinya.

"Ada berbaju loreng menurunkan baliho Habib Rizieq, itu perintah saya," kata Dudung usai apel kesiapan bencana dan pilkada serentak, di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat, 20 November 2020 pagi

Dudung mengatakan para pria berbaju loreng tersebut berasal dari Garnisun.

Mengenai mengapa TNI yang menurunkan baleho, Dudung mengatakan karena Satpol PP dinilai kerap kesulitan untuk menertibkan spanduk seperti itu.

"Karena beberapa kali Satpol PP menurunkan, dinaikkan lagi," ujaranya.

Dudung menegaskan apa yang dilakukan anggota TNI itu perintah dirinya, menurutnya siapapun di republik ini, harus taat kepada hukum. karena nagar ini negara hukum.

Karenanya pemasangan baliho harus mematuhi aturan yang berlaku. Salah satunya harus mematuhi lokasi sesuai ketetapan.

"Kalau memasang baliho itu jelas ada aturannya. Ada pajaknya, tempatnya juga sudah ditentukan. Jangan seenaknya sendiri. Seakan-akan dia paling benar. Tidak ada itu," katanya.