Viral Skandal PNS Punya Banyak Suami hingga LGBT

Sabtu, 21 November 2020 – 00:02 WIB

Ilustrasi PNS (Foto: Istimewa)

Ilustrasi PNS (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPR RI dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengungkap fakta mengejutkan. Tjahjo menyebut banyak pegawai negeri sipil (PNS), yang tersangkut tindak pidana.

Mulai dari penggunaan narkoba dan terpapar radikalisme. Bahkan ada PNS wanita yang memiliki banyak suami hingga LGBT.

Masing-masing jenis pelanggaran yang dilakukan oleh PNS itu, kata Tjahjo, ada sanksinya. Berat atau ringannya sanksi tergantung pada pelanggaran pidana yang dilakukan.

"Jadi untuk kasus penggunaan narkoba, kami akan langsung pecat apabila PNS yang bersangkutan adalah pengedar," ujar dia di Komisi II DPR RI Jakarta, Kamis 19 November kemarin. 

Namun apabila ASN tersebut hanya sebagai pengguna pihaknya akan melakukan rehabilitasi. Menurut Tjahjo, setiap bulan banyak juga ASN yang terlibat narkoba dan radikalisme.

"Untuk PNS yang terpapar radikalisme kami akan me-non-job-kan yang bersangkutan kemudian melakukan pembinaan. Apabila ada yang terbukti melakukan tindak terorisme kita akan melakukan pemecatan," kata dia.

Selain itu banyak juga masalah indisipliner yang dilakukan PNS, bukan cuma yang berkekuatan hukum saja. Seperti pegawai wanita yang memiliki suami lebih dari satu.

"Bahkan ada juga yang terindikasi LGBT," kata dia.