PSBB Transisi, Akankah Diperpanjang Lagi?

Minggu, 22 November 2020 – 10:01 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA, REQnews - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi selama 14 hari sejak 9 November 2020 lalu, berakhir pada Minggu 22 November hari ini. Akankah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjangnya?

Desakan untuk Anies mencabut PSBB terus mengalir deras. Belakangan ini, banyak dijumpai kasus tidak patuh pada protokol kesehatan, di antaranya yang paling menghebohkan adalah pernikahan putri Rizieq Shihab dan acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Sabtu 14 November lalu.

Acara tersebut dihadiri ribuan massa yang berkerumun, dan tidak patuh pada protokol kesehatan. Belum lagi acara maulid yang digelar di Tebet, dan dihadiri Rizieq. 

Adapula masalah lain, ribuan relawan Satgas Covid-19 mengundurkan diri karena kecewa setelah BNPB membagikan masker di acara kerumunan Petamburan tersebut. Padahal, para relawan selama ini sudah bersusah payah kampanye untuk taat pada protokol kesehatan.

Kini. tentunya Anies sedang di ambang dilema. Jika PSBB tak diperpanjang, kemungkinan kasus Covid-19 akan bertambah. Jika diperpanjang, banyak sektor, khususnya perekonomian tak kunjung normal, dan potensi pelanggaran protokol kesehatan juga bisa saja terjadi lagi, serupa seperti acara di Petamburan.