2 Alasan Utama Twitter Suspend Akun Resmi FPI

Minggu, 22 November 2020 – 19:04 WIB

Twitter

Twitter

JAKARTA, REQnews - Twitter pada Jumat 20 November 2020 pagi lalu, melakukan suspend atau penangguhan atas akun milik Front Pembela Islam. Netizen pun terbelah pendapat soal ditangguhkannya akun milik FPI.

 

Namun, Twitter baru-baru ini menyatakan, mereka punya alasan kuat menangguhkan akun milik organisasi yang dipimpin Habib Rizieq Shihab tersebut.

Alasan Twitter jelas, akun FPI telah melanggar dua aturan yang telah ditetapkan raksasa media sosial tersebut. Bahkan, tautan untuk melihat aturan yang dilanggar pun dapat dengan mudah diakses oleh netizen.

Berikut, dua aturan yang dilanggar oleh akun FPI.

1. Kekerasan

Pengguna tidak boleh mengancam kekerasan terhadap seseorang atau sekelompok orang. Twitter juga melarang orang yang menyukai kekerasan.

2. Perilaku kebencian

Pengguna tidak boleh mempromosikan kekerasan terhadap, mengancam, atau melecehkan orang lain atas dasar ras, etnis, asal kebangsaan, kasta, orientasi seksual, jenis kelamin, identitas gender, afiliasi agama, usia, kecacatan, atau penyakit serius.

Namun, suspending akun ini bukan hal baru di Twitter. FPI bisa saja meminta pembatalan penangguhan akun mereka, dengan melengkapi syarat yang diminta pengelola platform.

"Anda mungkin dapat membatalkan penangguhan akun Anda sendiri. Jika Anda masuk dan melihat petunjuk yang meminta Anda untuk memberikan nomor telepon atau mengonfirmasi alamat email Anda, ikuti petunjuk untuk membatalkan penangguhan akun Anda," demikian keterangan Twitter jika ada yang meminta pembatalan penangguhan akun.

Pengguna mungkin diminta untuk memverifikasi informasi tertentu tentang profil sebelum melanjutkan. Lebih lanjut, pengguna bisa melakukan banding untuk membuat Twitter membatalkan suspend yang dilakukan pada akun.