Libur Akhir Tahun, Ini Perintah Penting Jokowi untuk Para Menterinya

Senin, 23 November 2020 – 19:02 WIB

Libur Akhir Tahun (Foto:Istimewa)

Libur Akhir Tahun (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada rapat terbatas, pagi ini, Senin, 23 November 2020, mengambil keputusan untuk memangkas libur akhir tahun 2020 mendatang

“Berkaitan dengan masalah libur cuti bersama akhir tahun termasuk libur pengganti cuti bersama hari raya Idul Fitri, bapak Presiden memberikan arahan supaya ada pengurangan,” kata Menko PMK Muhadjir Effendy seusai rapat terbatas, Senin, 23 November 2020.

Muhadjir mengatakan Presiden Jokowi meminta, agar keputusan memangkas libur akhir tahun ini segera dikoordinasikan dengan kementerian/lembaga terkait.

“Beliau memerintahkan supaya segera ada rapat koordinasi,” tuturnya.

Sebelumnya, tiga instansi yaitu Kementerian Agama, Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menelurkan Surat Keputusan Bersama tentang Libur Nasional dan Cuti Bersama 2020.

SKB tersebut ditandatangani oleh Menag Fachrul Razi, Menaker Ida Fauziah dan Menpan RB Tjahjo Kumolo pada 20 Mei 2020.

Pemerintah memenggal cuti bersama di tengah tahun pada akhir Desember. Pertama cuti bersama Hari Raya Natal 2020 pada 24 Desember diikuti Libur Natal 25 Desember.

Kedua, pengganti cuti bersama Hari Raya Natal Idul Fitri 1441 Hijriah. Pengganti cuti ini berlangsung pada 28 - 31 Desember 2020. Selain itu, hari libur juga akan berlangsung pada 1 Januari 2021 sebagai peringatan pergantian tahun.

Dari jumlah tersebut, setidaknya masyarakat akan menikmati libur secara berturut-turut selama 9 hari.