Kapan Habib Rizieq Dipanggil? Polri: Tergantung Penyidik

Selasa, 24 November 2020 – 09:01 WIB

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono

JAKARTA, REQnews - Polri belum bisa menjawab soal kepastian waktu pemanggilan Habib Rizieq Shihab, terkait persoalan kerumunan di beberapa kegiatan yang dihadiri pimpinan Front Pembela Islam (FPI) tersebut. Polri menyerahkan hal tersebut pada penyidik.

"Terkait dengan rencana pemanggilan HRS, itu seluruhnya adalah kewenangan penyidik. Siapa yang akan dilaksanakan klarifikasi, dimintai keterangannya tentunya semuanya adalah kewenangan penyidik," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 23 November 2020.

Awi menjelaskan, kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang melibatkan Habib Rizieq saat ini ditangani oleh tim gabungan Bareskrim bersama Polda Metro Jaya dan juga Polda Jawa Barat (Jabar). Awi memastikan, nantinya pemanggilan Habib Rizieq tidak akan tumpang-tindih dengan jajaran di tingkat polda.

"Jadi gini, yang pertama, dari awal Kadiv Humas sudah menyampaikan bahwasanya penyidikan ini adalah penyidikan gabungan. Karena prosesnya itu berturut-turut mulai dari bandara, di petamburan lalu di Megamendung sehingga pelanggaran prokesnya ini dibuatkan tim gabungan Bareskrim, Polda Metro Jaya, dan Polda Jabar," tuturnya.

"Sehingga dalam prosesnya kita pada intinya mabes Polri membackup. Jadi tidak ada istilahnya tumpang-tindih (pemanggilan Habib Rizieq), semua akan dikoordinasikan dengan baik," lanjut Awi.