Wasiat Menko Polhukam Mahfud MD Jelang Pilkada Serentak 2020, Aparat Wajib Lakukan Ini

Selasa, 24 November 2020 – 19:02 WIB

Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Istimewa)

Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Jelang pilkada serentak pada 9 Desember 2020, pemerintah daerah dan aparat keamanan diminta untuk tidak lengah dalam melakukan pengamanan. Imbauan tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD ketika hadir dalam rapat virtual.

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Mendagri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Ketua KPU Arief Budiman, dan Kepala BIN Budi Gunawan, pada Senin 23 November 2020.

"Dua belas hari ke depan kita jangan sampai lengah, kita jaga betul agar situasi tetap kondusif. Masa tenang tanggal 6-8 Desember juga harus kita pastikan benar-benar tenang," ujar Mahfud.

Berhubung pandemi COVID-19 belum kunjung usai, Mahfud MD juga mengingatkan agar protokol kesehatan tetap diterapkan selama pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 ini. Pun meminta agar aparat dapat mengantisipasi adanya kerumunan massa saat pemungutan suara.

"Diantisipasi betul kemungkinan kerumunan, agar dihindari penumpukan orang dengan mengatur jam dan jadwal orang melakukan pemilihan," ujar Mahfud.

Selain itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga mengatakan bahwa pihaknya akan membantu KPU daerah dan pemerintah daerah untuk menciptakan pilkada yang aman dan damai. Untuk menjaga kesatuan dan persatuan, ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi.

"TNI juga membantu Pemda dan KPU daerah, dengan mengajak tokoh-tokoh masyarakat yang ada di daerah, untuk mengimbau seluruh masyarakat melaksanakan pesta demokrasi secara dewasa, tidak terpengaruh provokasi dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Hadi.