KPK Minta 600 Izin Penyadapan ke Dewan Pengawas

Selasa, 24 November 2020 – 22:33 WIB

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

 

JAKARTA, REQNews - Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK)meminta 600 izin penyadapan kepada Dewan Pengawas (Dewas). KPK mengatakan penindakan saat ini dilakukan secara senyap.

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menyampaikan permintaan izin penyadapan tersebut bukti, jika KPK tidak mengesampingkan penindakan ketimbang pencegahan.

"KPK bersikap bahwa tindakan penyelidikan dan penyidikan akan terus dilakukan di masa kapan saja. Bukti bahwa KPK masih melakukan tugas penindakan tidak kurang lebih dari 600 izin penyadapan dari Dewas," ujar Nawawi saat monitoring bersama Pemprov Banten di Serang, Selasa, 24 November 2020.

Nawawi mengatakan saat ini penindakan dilakukan secara senyap. Beberapa hal tengah ditelisik, seperti pengelolaan anggaran Covid-19 sampai penyelenggaraan pilkada.

"KPK tetap memasang mata dan sumber informasi itu sendiri, KPK adalah masyarakat," jelas dia.

Nawawi menyinggung, Banten, menjadi wilayah yang masuk dalam pemantauan KPK. Sebab menurutnya, ada laporan masuk terkait dugaan korupsi.

"KPK mencatat dugaan, misalnya gratifikasi, pungutan sampai bantuan sosial. Itu dari laporan pengaduan dari masyarakat," tandas Nawawi.