Akhirnya Stafsus Edhy Prabowo Menyerahkan Diri ke KPK

Kamis, 26 November 2020 – 17:03 WIB

Andreau Pribadi Misata (Foto:Istimewa)

Andreau Pribadi Misata (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan, Andreau Pribadi Misata dan pihak swasta Amiril Mukminin akhirnya menyerahkan diri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis, 26 Novemeber 2020.

Keduanya sempat menjadi buronan setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap izin ekspor benih Lobster tahun 2020, yang juga menjerat eks Menteri KKP Edhy Prabowo.

"Siang ini sekira pukul 12.00 kedua tersangka APM selaku staf khusus Menteri Kelautan dan Perikanan yang juga bertindak selaku Ketua Pelaksana Tim Uji Tuntas (Due Diligence) Perizinan Usaha Perikanan Budidaya Lobster pada KKP dan AM (Amiril Mukminin) secara kooperatif telah menyerahkan diri dan menghadap penyidik KPK," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Kamis, 26 November 202).

Ali menyebut kedua tersangka kini tengah menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik KPK.

Menurut Ali, usai menjalani pemeriksaan Andreau dan Amiril akan langsung dilakukan penahanan. 

Untuk diketahui, dalam kontruksi perkara suap benih lobster, Edhy diduga menerima suap mencapai Rp 3.4 miliar dan 100 ribu dollar Amerika Serikat. Uang itu sebagian digunakan Edhy bersama istrinya untuk berbelanja tas hermes, sepeda, hingga jam rolex di Amerika Serikat.