Sosok Dokter Handoyo, Pemeran Gus Dur KW yang Meninggal Dunia Hari Ini

Jumat, 27 November 2020 – 10:32 WIB

Kabar Meninggalnya Gus Pur dari Postingan Twitter Kang Maman (Foto: @maman1965)

Kabar Meninggalnya Gus Pur dari Postingan Twitter Kang Maman (Foto: @maman1965)

JAKARTA, REQnews - Dokter Handoyo pemeran Gus Pur dalam serial parodi televisi Guru Bangsa Republik Mimpi, berpulang ke Rahmatullah pada Jumat 27 November 2020. Belum diketahui apa penyebab dari meninggalnya dokter berusia 66 tahun tersebut.

Kabar tersebut disampaikan oleh Kang Maman Suherman di akun Twitternya @kangmaman1965. Ia memposting foto Gus Pur dengan caption "Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Selamat jalan "Gus Pur" (dr Handoyo), meski kita jarang bersuara, aku saksi bahwa engkau orang baik," ujar Kang Maman dalam postingannya.

Semasa hidupnya Handoyo merupakan seorang dokter yang berpraktik di rumah sakit swasta di daerah Jakarta. Ia dikenal oleh publik saat memerankan tokoh Presiden ke-4 Indonesia yaitu Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Ia mengaku tidak takut berperan sebagai Gus Dur, lantaran ia sering membaca koran sebelum tampil di panggung. "Saya hanya mengulang pernyataan Gus Dur di koran jadi tidak ada masalah dengan akting yang saya perankan itu," ujar alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia semasa hidupnya.

Selain itu, Handoyo mengaku bangga bisa memerankan tokoh yang mirip dengan Gus Dur karena bisa mengekspresikan diri sebagai mantan Presiden RI. "Saya merasa bangga sebab bisa mengekspresikan diri sebagai mantan Presiden," ujarnya kala itu.

Pada tahun 2009 ia sempat menjelaskan akan berhenti memerankan tokoh Gus Pur. “Sepertinya saya turun panggung. Saya stop dulu. Saya mau menjaga perasaan orang-orang yang dekat dengan Gus Dur,” ujarnya kala itu.

Namun ia juga menjelaskan, bahwa apa yang iya perankan di televisi sangat bertolak belakang dengan kehidupan sehari-harinya. Handoyo juga pernah menanggalkan jabatan sebagai Esselon III, karena tidak sesuai dengan prinsip.