Mengaku Penyidik Tipikor, 3 Oknum Wartawan Peras Kepala Desa

Selasa, 14 Mei 2019 – 21:00 WIB

(foto:istimewa)

(foto:istimewa)

TANGERANG, REQNews - Tiga oknum wartawan berinisial RH, FI dan MI, diamankan Kepolisian Resor Kota Tangerang. Penyebabnya, mereka melakukan pemerasan dan penipuan terhadap Kepala Desa Jengkol, Kresek, Kabupaten Tangerang bernama M. Rafiudin. 

Ketiganya berhasil meraup keuntungan dengan total Rp700 juta usai mengaku menjadi penyidik Tipikor Bareskrim Polri yang akan mengusut kasus korupsi penggunaan dana desa tahun 2017. 

Dua tersangka, RH dan MIF, ditangkap sesaat setelah menerima uang dari korban sebanyak Rp100 juta tak jauh dari Kantor Camat Balaraja, Jumat (10/5/2019). Sedangkan satu pelaku lainnya yaitu FIS ditangkap di Jalan Merpati, Desa Beringin Raya, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung. 

"Saat itu, ketiganya datang menemui korban untuk membahas kasus tersebut. Kemudian, mereka saling bertukar nomor telepon. Selanjutnya, para pelaku ini mengirimkan pesan pada korban untuk dapat mengirim uang dengan nilai Rp45 juta agar kasus tidak dinaikkan," kata Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif di Mapolresta Tangerang, Selasa (14/5/2019). 

Tapi tak cukup sampai disitu, mereka berulang kali meminta uang kepada kepala desa tersebut. Hal itu terus berlanjut hingga akhirnya, korban mulai merasa janggal. Korban selanjutnya melapor ke polisi. 

"Saat kami cek ternyata mereka bukan penyidik dan kami telusuri lagi mereka adalah oknum wartawan," ujar Sabilul Alif. 

Lebih lanjut Sabilul Alif mengatakan, dari hasil keterangan korban, dia sudah mengirimkan uang secara bertahap dengan total senilai Rp700 juta," ujarnya.(nls)