Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Siapa Mau Jadi Sekjen KPK? Pendaftaran Diperpanjang

Rabu, 15 Mei 2019 – 11:30 WIB

Gedung Merah Putih KPK (Foto : REQnews)

Gedung Merah Putih KPK (Foto : REQnews)

JAKARTA, REQnews - KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) melakukan perpanjangan pendaftaran sebagai calon Sekjen (Sekretaris Jenderal) KPK. Perpanjangan ini merupakan untuk Gelombang Ketiga Seleksi Terbuka jabatan Sekjen

Seleksi Calon Sekjen KPK ini diwujudkan dalam program INDONESIA MEMANGGIL. KPK mengajak seluruh warga masyarakat Indonesia, baik yang berstatus sebagai ASN atau bukan ASN yang ingin mengabdikan di KPK.

"Pendaftaran masih dapat dilakukan sampai akhir minggu ini, Jumat 17 Mei 2019. Dalam proses seleksi ini, KPK akan mencari 3 kandidat yang akan diusulkan pada Presiden RI untuk kemudian salah satunya dipilih dan diangkat oleh Presiden RI," demikian penjelasan Juru Bicara KPK Febri Diansyah Selasa (14/5/2019).

Apa kriterianya? Secara umum sang calon berkompeten dalam perencanaan, pengelolaan keuangan dan hal-ihwal yang bersifat administratif.

"Posisi ini memang membutuhkan calon yang benar-benar kompeten untuk melakukan pembinaan atas manajemen perencanaan, pengelolaan keuangan, organisasi dan tata laksana, manajemen strategis dan manajemen kinerja, manajemen sumber daya manusia hingga bantuan hukum dan hubungan masyarakat," beber Febri sambil menambahkan sudah 150 orang yang mendaftar dan masih dicari lagi.

Terdapat 17 kompetensi yang diharapkan bisa muncul dari kandidat Sekjen KPK ini, yaitu: Kompetensi Manajerial yang terdiri dari 13 kompetensi dan 4 kompetensi bidang.

Persyaratan lain yang diatur dalam proses seleksi ini adalah, tidak menjadi pengurus partai politik dalam 5 tahun terakhir, tidak terikat hubungan keluarga baik sedarah maupun semenda sampai dengan derajat ke-3 dengan Pimpinan/Penasihat/Pegawai KPK, tidak terikat hubungan keluarga baik sedarah maupun semenda sampai dengan derajat ke-3 dengan tersangka/terdakwa/terpidana Tindak Pidana Korupsi, telah menyelesaikan kewajiban membayar pajak dan persyaratan lain.(*)

Informasi terkait pendaftaran dapat diakses secara langsung di website: https://jpt.kpk.go.id/.